KMS BANDA ACEH DAN KALAPAS KELAS III LHOKNGA PERKUAT LAGI KORDINASI - Mahkamah Syar'iyah Banda Aceh
Mahkamah Syar'iyah Banda Aceh
Selamat Datang di Website Mahkamah Syar'iyah Banda Aceh | Berkomitmen Untuk Mensukseskan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

KMS BANDA ACEH DAN KALAPAS KELAS III LHOKNGA PERKUAT LAGI KORDINASI

ms bandaaceh | Tanggal 9 Oktober, 2023 | Jam 4:39 pm | Kategori Berita | Jumlah Pembaca : 62 Pembaca

(Banda Aceh/04/10/2023) — Ketua Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh Drs. H. Ribat, S.H.,M.H. melakukan kunjungan kerja ke Lapas kelas III  Lhoknga pada hari Rabu Tanggal 4 Oktober 2023 sekitar pukul 11.00 WIB. Ikut bersama rombongan Wakil Ketua Fauziati, S.Ag., M.Ag., Panitera Ratna Juita, S.Ag., M.H. dan Sekretaris Drs. H. M. Yanto. Kedatangan rombongan langsung disambut oleh Yusrizal, S.H., M.H. selaku Kepala Lapas tersebut. Kedatangan Ketua MS Banda Aceh disamping membangun silaturrahmi, juga dimaksudkan sebagai koordinasi antara instansi berkaitan masalah titipan tahanan wanita yang menjadi tanggung jawab Hakim Mahkamah Syar’iyah saat dalam proses pemeriksaan di persidangan.

Dalam perbincangan santai dan akrab tersebut, berbagai persoalan dibahas berkaitan hal ihwal tahanan, mulai dari izin besuk oleh keluarga, sampai penanganan bila para tahanan mengalami gangguan kesehatan. Memang untuk tahanan yang sakit kita ada klinik disini, terang Yusrizal, namun kalau sakit yang agak serius harus dibawa keluar ke rumah sakit yang telah ditetapkan, dan itu harus ada izin dari Majelis Hakim dengan didampingi oleh Jaksa. Nah terkadang ada kondisi emergency yang memaksa membutuhkan penanganan cepat dan segera dengan alasan kemanusiaan, nah disini formulanya bagaimana yang sering menjadi masalah. Namun kita bisa saja menggunakan layanan via WhatsApp, atau media sosial lainnya, sambal menunggu surat resmi dari Mahkamah Syar’iyah, ungkapnya.

Usai melakukan perbincangan, Kalapas Yusrizal, langsung membawa keliling rombongan untuk melihat kondisi dan situasi lapas Lhoknga dimana jumlah tahanan saat ini lebih dari 300 orang sedangkan wanitanya ada sekitar 16 orang. Disamping melihat kondisi tahanan, Kapalas Yusrizal juga memperlihatkan berbagai tanaman sayur yang ditanam oleh para Tahanan, begitu juga bentuk kerajinan tangan seperti hasil sulaman yang dipajang di lemari kaca Lapas tersebut.

Tim redaksi yang ikut rombongan merasa bersyukur bisa ikut melihat dan masuk ke area Lapas, dan ini merupakan momen yang sangat langka karena untuk bisa masuk dan berkunjung ke Lapas Lhoknga tidak bisa dilakukan sembarangan tetapi ada ketentuan dan prosedur yang harus di penuhi, agar terjaga ketertiban dan keamanannya. (terima kasih BY)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOTO PEGAWAI
  • Translate »