Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh Melaksanakan Upacara HUT MARI ke 78 Tema " Tingkatkan Integritas Menuju Peradilan Yang Agung.” - Mahkamah Syar'iyah Banda Aceh
Mahkamah Syar'iyah Banda Aceh
Selamat Datang di Website Mahkamah Syar'iyah Banda Aceh | Berkomitmen Untuk Mensukseskan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh Melaksanakan Upacara HUT MARI ke 78 Tema ” Tingkatkan Integritas Menuju Peradilan Yang Agung.”

msn | Tanggal 23 Agustus, 2023 | Jam 9:02 am | Kategori Berita | Jumlah Pembaca : 28 Pembaca

Banda Aceh. 19 Agustus 2023 | Mahkamah Syar`iyah Banda Aceh pada hari sabtu tanggal 19 Agustus 2023 menggelar upacara peringatan HUT Mahkamah Agung RI ke 78. Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB ini bertempat dihalaman depan, adapun yang menjadi pemimpin upacara adalah Muhammad Ihsan Sinaga, A.Md. dengan Pembina Upacara Ketua MS Banda Aceh Bapak Drs. H. Zulkarnain Lubis, M.H.

Sebelumnya Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh juga mengikuti rangkaian acara Peringatan HUT Mahkamah Agung RI ke-78 secara virtual pada Jum’at, 18 Agustus 2023. Bertempat di Ruang Media Center MS Banda Aceh, acara tersebut diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua PA, Panitera, Panitera Muda Hukum.  Acara tersebut diikuti oleh seluruh satuan kerja peradilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama di empat lingkungan peradilan di seluruh Indonesia serta disiarkan secara virtual baik melalui Zoom Meeting maupun di Kanal Youtube Mahkamah Agung RI.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI serta Pembacaan Do’a Bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan Pemutaran Video Ucapan HUT Mahkamah Agung RI ke-78, Pembacaan Laporan Kegiatan, serta Kata Sambutan oleh Ketua Mahkamah Agung RI,  Y.M. Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. sekaligus membuka Peluncuran Lima Aplikasi terbaru dari Mahkamah Agung RI. Kelima aplikasi tersebut antara lain Smart Majelis (aplikasi robotika berbasis kecerdasan buatan untuk memilih majelis hakim secara otomatis, Court Live Streaming (aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk menyaksikan pembacaan amar putusan kasasi dan peninjauan kembali secara langsung, Satu Jari Ditjen Badilum(aplikasi pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum untuk melakukan pemantauan kinerja pengadilan diseluruh Indonesia secara terintegrasi,  Lentera versi 2.0(aplikasi untuk mengelola proses promosi dan mutasi hakim di lingkungan peradilan umum, serta E-IPLANS(aplikasi untuk melakukan perencanaan anggaran, pengelolaan hibah dan pengelolaan organisasi secara berjenjang dari satuan kerja tingkat pertama, hingga di Mahkamah Agung).  

Dalam kata sambutannya, Ketua Mahkamah Agung RI,  Y.M. Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. menyampaikan bahwa kelima aplikasi tersebut merupakan salah satu bentuk reformasi Mahkamah Agung RI dalam mewujudkan modernisasi pelayanan peradilan. “Kehadiran lima aplikasi tersebut harapannya dapat berimplikasi pada peningkatan efektivitas dan kualitas layanan peradilan bagi masyarakat selaku warga peradilan” ujar Beliau. Meskipun begitu, Beliau juga mengingatkan bahwa kualitas sumber daya manusia tetap menjadi faktor terpenting selaku pengguna layanan atau aplikasi tersebut.

Acara dilanjutkan dengan agenda kedua yakni Penyampaian Anugerah Mahkamah Agung. Serta Pembacaan Surat Keputusan Mahkamah Agung RI tentang Penerima Anugerah Mahkamah Agung RI. Terdapat beberapa kategori Anugerah Mahkamah Agung RI, yakni Pengadilan Terbaik dalam Pelaksanaan Peradilan Elektronik, Pengadilan Terbaik dalam Pelaksanaan Gugatan Sederhana, Pengadilan Terbaik dalam Pelaksanaan Mediasi, Pengadilan Terbaik dalam Pelaksanaan Kinerja Eksekusi, Pengadilan Terbaik dalam Pelaksanaan Keterbukaan Informasi, serta Pengadilan Tingkat Banding Terbaik dalam Pelaksanaan Fungsi Pembinaan. Ketua Mahkamah Agung RI,  Y.M. Prof. Dr. H.M Syarifuddin, S.H., M.H. menyampaikan bahwa  Penilaian Anugerah Mahkamah Agung RI juga melibatkan pihak eksternal seperti Kementrian BKPM dan Katadata untuk penilaian yang fair, transparan, serta mewakili suara masyarakat pengguna layanan peradilan. Beliau juga mengucapkan selamat atas satuan kerja yang memperoleh Anugerah Mahkamah Agung RI dan mengingatkan untuk terus meningkatkan kinerja serta kualitas pelayanan peradilan. Acara kemudian ditutup dengan pemutaran film “Pesan Bermakna Jilid III”. 

Disamping itu menyemarakkan HUT MARI ini Mahkamah Syar`iyah Banda Aceh juga mengikuti kegiatan jalan santai yang dilaksanakan oleh Mahkamah Syar`iyah Aceh bersama MS Jantho dan MS Banda Aceh. Jalan santai ini diikuti oleh semua Hakim, pejabat Struktural dan Fugsional dan dengan mengajak keluarga besar Mahkamah Syar`iyah di 3 satker tersebut, sehingga tidak kurang terkumpul peserta sebanyak 300 orang. Setelah selesai maka dilanjutkan dengan undian doorprez dan makan siang bersama dengan makanan khas Aceh (kuah Belangong). Kegaiatan yang dimulai pada pukul 08.00 Wib berakhir menjelang sholat jum’at. Demikian (FR)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOTO PEGAWAI
  • Translate »