MARHABAN YA RAMADHAN 1445 H - Mahkamah Syar'iyah Banda Aceh
Mahkamah Syar'iyah Banda Aceh
Selamat Datang di Website Mahkamah Syar'iyah Banda Aceh | Berkomitmen Untuk Mensukseskan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

MARHABAN YA RAMADHAN 1445 H

Kurniawan Adi Widodo | Tanggal 14 Maret, 2024 | Jam 6:42 pm | Kategori Berita | Jumlah Pembaca : 31 Pembaca

(Banda Aceh/13/03/2024) — Mengawali tugas kedinasan di bulan Ramadhan 1445 H, segenap jajaran Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh Kelas IA telah melakukan persiapan bagaimana mengisi Ramadhan dengan berbagai kegiatan amaliyah yang dapat membentuk pribadi muslim yang bertagwa . seiring dengan tekad atersebut , Ketua Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh kelas IA Drs. H. Ribat, S.H.M.H. telah membentuk panitia kegiatan Ramadhan dengan mengangkat  Zukri, S.H hakim senior Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh sebagai ketua Panitia Ramadhan. Selama Ramadhan akan dilakukan berbagai kegiatan seperti shalat berjama’ah, Tadarrus   Al-quran , Tausiyah ramadhhan usai Shalat Zuhur, buka puasa bersama, santunan anak yatim dan fakir miskin, serta di tutup dengan kegiatan halal-bi halal usai Ramadhan. Terang  Zukri, S.H.

Untuk kesempatan pertama yang memberikan tausiyah adalah Ketua Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh Kelas IA Drs. H. Ribat, S.H.M.H. menyampaikan bahwa umat Islam harus banyak bersyukur karena masih diberikan kesempatan kepada kita berjumpa dengan Ramadhan tahun ini. Tak banyak yang bisa sampai bertemu dengan Ramadhan tahun ini, ada yang dipanggil allah SWT sebelum Ramdhan tiba, ada yang belum diberi hidayah oleh Allah Swt untuk menjalani ibadah ramadhan mereka masih berkubang dengan kemaksiatan dan dosa, ada yang sedang diuji oleh Allah dengan  musibah berupa penyakit, kekacauan dan huru hara atau bencana alam dan peperangan seperti di Gaza, sehingga mereka tidak bisa focus untuk bisa menjalankan ibadah ramadhan. Al-hamdulillah kita saat ini dalam kondisi damai, aman dan bebas dari gangguan, makanya kondisi ini wajib kita syukuri.. tandasnya.

Agar puasa Ramdahan kita berkualitas  maka masing-masing diri harus mengerti dan paham akan makna terkandung dalam ibadah  Ramadhan. Salah satu makna yang sangat dalam dari ibadah Ramadhan adalah upaya pengendalian hawa nafsu (Imsak Annafsi). Selama hampir 14 jam kita harus mengendalikan nafsu makan, minum dan nafsu seksual kita, tidak hanya itu nafsu untuk berkata kotor, marah-marah, dan melihat sesuatu dengan syahwat, semuanya itu dikendalikan dan diarahkan untuk tunduk dengan ketentuan Allah SWT. Indahnya lagi, makanan dan minuman yang halal serta pasangan suami isteri yang halal untuk hubungan suami isteri, semuanya bisa kita tahan padahal semuanya itu halal bagi kita, namun karena tekad kita untuk patuh dan taat dengan perintah Allah, hal-hal yang halalpun bisa kita tahan dan kendalikan, apatah lagi yang haram. Paparnya.

Oleh karenanya mari kita sambut Ramadhan ini dengan penuh kegembiraan  dan keberkahan karena bulan ini yang membentuk dan menjadikan pribadi kita menjadi pribadi yang Tagwa (al-quran surah al-baqarah ayat 183). Tiada sarana yang paling ampuh dan efektif  mengantarkan kita untuk menuju Allah melainkan memetuhi segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Semoga ramadhan yang sedang kita jalani ini diberikan kekuatan dan kesehatan oleh Allah SWT  sehingga kita mempu meraihnya sesuai dengan dijanjikan Allah menjadi hamba yang Taqwa disisinya. Amin ya rabbal alamin (Marhaban Ya Ramdhan by RR)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOTO PEGAWAI
  • Translate »