MS Banda Aceh mengadakan kajian ilmu Parenting - Mahkamah Syar'iyah Banda Aceh
Mahkamah Syar'iyah Banda Aceh
Selamat Datang di Website Mahkamah Syar'iyah Banda Aceh | Berkomitmen Untuk Mensukseskan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

MS Banda Aceh mengadakan kajian ilmu Parenting

ms bandaaceh | Tanggal 9 Juni, 2023 | Jam 6:14 pm | Kategori Berita | Jumlah Pembaca : 40 Pembaca

Banda Aceh, Jum`at (09/6/2023)- Dalam Rangka menambah wawasan dan ilmu pengetahuan pada hari jum`at yang penuh berkah ini Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh mengadakan kajian ilmuParenting, dengan tema “Ayah, Bunda tolong pahami aku”. AcaraKajian Muslimah Srikandi Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh ini, adalah bagian dari rangkaian kegiatan yang diadakan oleh pusat kegiatan belajar Mushalla Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh, yang mengadakan kajian rutin setiap Jum’at yang mengangkat tema perempuan dan anak dan setiap dua bulan mengadakan kajian dengan mengundang Narasumber dari luar, yang  kali ini Narasumbernya adalah Founder Ibnul Qayyim Learning Center Bapak Kemas Aditya, CPC (Certified Professional Coach) dari International Coaching Federation. Bapak Kemas Aditya, CPC ini adalah seorang Trainer, Coach dan consultant.

Acara kajian ilmuParenting ini dimulai jam 15.00 Wib yang di buka oleh Ibu Muzayyanah, S.H.I sebagai MC, yang dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh Ibu Fauziati, S.Ag, M.Ag, beliau menyampaikan bahwa sangat penting memperhatikan tumbuh kembang anak,. “sayangi anak dan didiklah anak dengan baik..!”Pesan bu Wakil Ketua.

Dalam Acara kajian ilmuParenting yang diadakan di kantor Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh ini diikuti juga oleh Bapak Ketua, Ibu Wakil Ketua, Sekretaris dan seluruh pegawai Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh, dan dihadiri juga oleh Ibu Sunariningsih Suharjono, S.H yang juga merupakan Ketua Daerah Dharmayukti Karini propinsi Aceh, beserta rombongan, Ibu Ketua Dharmayukti Karini Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh drg. Diana Prima Nainggolan yang mengikuti acara kajian ini secara online melalui zoom, bersama 23 (dua puluh tiga) peserta lainnya yang terdiri dari Dharmayukti Karini cabang Singkil, Suka Makmue, Jantho, Lhoksukon, Redelong, serta PTA Medan.

Acara kajian ini di ikuti juga secara offline oleh ibu Saida Afrida, S. Sos, M.M yang juga merupakan Ketua Pengajian Al Hidayah Provinsi Aceh,Ibu Hasanah, Ibu Yusmaita, Ibu Najrita pegawai Kodam Iskandar Muda, serta Ibu Andi Rausyan yang tinggal di Banda Aceh.

Bapak Kemas Aditya, CPC dengan sangat menarik telah memaparkan materi yang sangat bermamfaat dan telah membagikan tips cara mendidik anak dengan baik, pada kajian ilmu Parenting ini, beliau juga membagikan 4 (empat) Tips bagaimana cara membangun komunikasi yang sehat dengan anak adalah sebagai berikut:

  1. Berikan waktu dan perhatian khusus untuk anak, agar anak nyaman bersama orang tuanya.
  2. Saat memulai komunikasi mulailah dengan membicarakan ha-hal yang disukai oleh anak, agar anak mau bercerita banyak dengan orang tuanya.
  3. Jadilah Cermin dengan melakukan semua kegiatan yang di sukai anak, agar anak merasa tenang dan bahagia beraktifitas dekat dengan orang tuanya.

Saat bertanya dengan anak, bertanyalah tanpa menghakimi dan menyudutkan anak, dengan begitu anak merasa senang dan nyaman bercerita dengan orang tuanya.

Setelah pemaparan materi dariBapak Kemas Aditya, CPC, acara dilanjutkan sharing denganpara pesertatentang tema “Ayah, Bunda tolong pahami aku”. Saat sesi sharing ini ibu Safrina Dewi, S.H salah seorang Panitera Pengganti Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh menyampaikan bahwa pada dasarnya semua anak ingin dipenuhi tangki cintanya dengan cara disayangi, diberi perhatian, beri pujian dan hadiah sedangkan ibu Saida Afrida, S. Sos, M.M menyatakan orang tua wajib memberikan perhatian terbaik pada anak-anaknya, agar anak tidak lagi mencari perhatian di luar rumah, sedangkan saat sesi tanya jawab, Ibu Nurul Hikmah dari Dharmayukti Karini cabang Jantho menanyakan bagaimana cara agar anak merasa nyaman dengan orang tuanya? Lalu Bapak Kemas memberikan jawaban cara agar anak merasa nyaman dengan orang tuanya yaitu orang tua wajib memberikan perhatian dengan sering memberi hadiah dan pujian yang positif serta selalu mengapresiasi kebaikan saat anak melakukan hal-hal yang baik dan positif, fokuskan perhatian orang tua pada segala kebaikan yang telah di lakukan anak, senantiasa berkomunikasi dengan baik dan selalu menanyakan kegiatan aktivitas apa saja yang dilakukan anak, agar terjalin kedekatan emosional antara anak dan orang tuanya.

Alhamdulillah kajian ilmu Parenting, dengan tema “Ayah, Bunda tolong pahami aku” iniberjalan lancar dan sukses, acara ini selesai sekitar jam 16.30 Wib, seluruh peserta mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh yang telah berhasil mengadakan kegiatan kajian ilmu Parenting ini, yang sangat bermamfaat ini untuk memberikan wawasan kepada para orang tua agar bisa mendidik anak penerus bangsa dengan baik.(Dewi)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOTO PEGAWAI
  • Translate »