Template Ini Merupakan Template Resmi Mahkamah Agung

. . . . . .

KEGIATAN SILATURRAHIM DALAM RANGKA MENYAMBUT KEHADIRAN BULAN SUCI RAMADHAN 1440 H PADA MAHKAMAH SYAR’IYAH BANDA ACEH

7 Mei, 2019 | 5:39 am | Penulis |

Tepatnya hari ini jum;at tanggal 3 Mei 2019 M/27 Sya;ban 1440 H. bertempat diruang sidang jinayah, Ketua Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh Drs.H.Jasri,S.H.I,.M.H.I, mengadakan pertemuan silaturrahim dengan warga MS Banda Aceh dalam rangka menyabut kehadiran bulan suci Ramadhan 1440 H beliau mengingatkan agar puasa dapat terlaksana dengan baik maka perlu diperhatiakan sudut kesehatan dengan mengundang dr Rita Lismaini dari RSUD Meaxa Banda Aceh sebagai pemateri.

Namun pada jam 09.00 WIB terlebih dahulu telah datang rombongan dari Asuransi Jiwasraya (Persero) untuk menyajikan seputar informasi tentang bagaimana penting juga manfaatnya menggunakan asuransi Jiwaseraya tersebut dan menawarkan produk asuransi jiwa seraya bagi siapa yang berminat. dan pada pukul 10.00 WIB acara itu selesai,dan dilanjutkan dengan materi tentang kesehatan dan puasa.

Dalam kesempatan tersebut dokter menyampaikan masalah puasa dan kesehatan. Puasa dari sudut kesehatan meliputi ; proses detoksifikasi alami,dibutuhkan kualitas makanan yang baik agar tubuh tetap bugar, sahur dan buka puasa adalah proses penting dalam ramadhan, metode komsumsi makanan yang salah dapat menyebabkan tubuh lemas selama berpuasa, kandungan glukosa dalam darah/tekanan darah menurun,kandungan lipid berkurang, berat badan berkurang.beliau mengutip alquran surat albaqarah ayat 184 ‘dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui’ dan HR Ibnu sunni dan Abu Nuaim “Berpuasalah niscaya kamu sehat” ada beberapa organ tubuh yang gembira terhadap puasa yaitu; lambung dan usus, hati, pankrea, kulit, ginjal, jantung. Dilambung makanan ditampung selama 4 jam diusus diolah sampai diserap selama 4 jam total 8 jam. Katanya menurut HR Thabrani Lambung bermasalah maka semua organ akan bermasalah, orang beriman makan dalam 1 usus sedangkan orang kafir makan dalam 7 usus HR Bukhari Muslim. segala sesuatu ada zakatnya dan zakat tubuh adalah puasa HR Ibnu Majah. Kulit akan mengalami regenerasi sel karena banyak zat yang terdeposit dipecah oleh tubuh sehingga member ruang untuk proses regenerasi. yang perlu dilakukan selama berpuasa, makan sahur, karena tubuh lebih banyak membutuhkan nutrisi, masa puasa tubuh sering kekurangan nutrisi karena metode komsumsi makanan yang kurang tepat, maka dianjurkan untuk menghindari makanan ; berminyak/santan, kolestrol tinggi, lemak hewani, karena makanan tersebut dapat menggagu pencernaan, oleh karenanya komsumsi buahan dan sayuran yang lebih karena tubuh membutuhkan lebih banyak serat. Serat memiliki proses penguraian yang lambat, kemudian komsumsi cairan yang cukup –minum air putih sampai 8 gelas, kurangi kafein dan makanan asin, tidak berlebihan saat berbuka puasa. Mulakan berbuka dengan yang menghasilkan energy instant yaitu yang manis, seperti kurma, madu dan beri kesempatan pada lambung untuk menyesuaikan proses pencernaan, oleh karenanya jangan makan berlebihan saat berbuka, hindari makanan yang dingin,asam,pedasan,bersantan,karena dapat merangsang asam lambung keluar lebih banyak. Perbanyak makan yang mengandung serat tinggi, kurangi makanan yang mengandung lemak supaya deposit lemak yang tersedia dapat dipecah, jangan makan berlebihan melebihi gunakan1/3 bagian untuk makanan, 1/3 air dan 1/3 untuk udara. Bapak Yusri tanya jika orang diabetes pakai insulin” ya orang diabetespun bagus sekali berpuasa. Menggunakan insulit dikurangi pada saat sahur dan di cukupkan ketika berbuka. Ber puasalah kamu supaya sehat صُومُوا تَصِحُّوا

Ibadah puasa ini wajib dilaksanakan bila kita beriman beliau mengutip ayat alquran “Hai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu beraqwa QS.Albaqarah ayat 183.

Setalah materi ibu dokter selesai sebelum ditutup bapak Ketua menyampaikan juga masalah kinerja kita selama puasa, bulan puasa bulan perjuangan untuk itu semangat tetap tinggi, dibulan ramadhan kegiatan kantor seperti biasa, waktu masuk dan pulang saja disesuaikan pada atauran Mahkamah Agung RI. Kita senantiasa memperbanyak amal shaleh, dengan menyelesaikan setiap beban tugas kita, karena ini juga amal shaleh disamping memperbanyak amalan sunnah lainnya sebagai bekal kita untuk kembali kahadirat rabbul izzat nanti. Acara selesai pada jam 11.30 WIB dan ditutup dengan ucapan Alhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Selanjutnya makan siang bersama sebagai rasa syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia semoga kita bisa bertemu dan dapat menjalankan ibadah puasa dan amal ibadah lainnya sebagi wujud kita bertaqarrub kepada Allah SWT Aamiin.

Categorised in:

This post was written by rus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »